Warga Tagulandang di radius bahaya erupsi Gunung Ruang, Sulut, dievakuasi

id Gunung Ruang,badan geologi,pvmbg,evakuasi warga,warga tagulandang,kabupaten sitaro

Warga Tagulandang di radius bahaya erupsi Gunung Ruang, Sulut, dievakuasi

Erupsi G. Ruang pukul 17:06 Tinggi kolom abu 400 m berwarna kelabu tebal condong ke arah selatan. ANTARA/Foto diamb dari grup percakapan 'Info Gunung Api Sitaro' (1)

Manado (ANTARA) -
Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merekomendasikan warga Pulau Tagulandang yang bermukim di radius bahaya Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi utara (Sulut) dievakuasi.
 
"Masyarakat yang bermukim di wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius enam kilometer agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius tersebut," kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam rilis yang diterima di Manado, Jumat.
 
Pada tingkat aktivitas Level IV Awas, kata dia, diharapkan masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius enam kilometer dari pusat kawah aktif.
 
 
Dia juga berharap masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut.
 
"Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan," kata Wafid.
 
Masyarakat di sekitar Gunung Ruang, lanjutnya, juga diharapkan tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu erupsi, dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas melalui aplikasi MAGMA Indonesia.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Warga Tagulandang diminta evakuasi, ada di radius bahaya Gunung Ruang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024