Generasi muda Kulon Progo selenggarakan "touring mancing"

id Generasi Muda Kulon Progo

Generasi muda Kulon Progo selenggarakan "touring mancing"

Generasi Muda Kulon Progo (GMK) menyelenggarakan kegiatan "touring mancing" (Foto ANTARA/Mamiek)

Jogja  (Antara Jogja) - Generasi Muda Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan karangtaruna setempat menyelenggarakan "touring mancing" untuk mendorong pemuda memanfaatkan potensi lokal berupa embung dan selokan sebagai sumber ekonomi.

Ketua Generasi Muda Kulon Progo Budi Legowo Santoso di Kulon Progo, Minggu, mengatakan "touring mancing" diwujudkan dengan berbagai kegiatan ke desa-desa setiap hari Minggu untuk memanfaatkan embung dan selokan sebagai arena pemancingan.

"Kegiatan ini untuk menumbuhkan ekonomi kreatif, memanfaatkan potensi lokal yang ada di wilayah setempat menjadi sumber perekonomian bagi pemuda dan remaja. Sehingga mereka bisa berdaya guna kreatif dalam membangun potensi lokal," kata Budi.

Ia mengatakan kegiatan sudah berjalan di dua kecamatan yakni Desa Tirtorahayu, Kecamatan Galur pada Minggu (17/2) dan kegiatan kedua di embung Sendang Brojol di Dusun Brajan, Desa Banjararum, Kalibawang pada hari ini.

Pada kegiatan pertama di Desa Tirtorahayu lalu, kata dia, pemuda Dusun Potrowangsan, berhasil memanfaatkan selokan yang kumuh dan kotor dibersihkan menjadi kolam pemancingan.

"Sampai kini arena pemancingan itu masih terus berjalan dikelola oleh pemuda. Di sana juga berkembang kuliner di sekitar pamancingan seperti makanan-makanan tradisional," katanya.

Ia mengatakan, "touring mancing" adalah "menjaga Kulon Progo dengan semangat merah putih". Agenda ini tidak hanya insidental selesai tapi akan berlanjut di 88 desa.

"Minggu depan rencananya akan digelar di Desa Purwosari, Girimulyo," katanya.

Menurut dia, kegiatan ini sekaligus dimaksudkan untuk menumbuhkan kemandirian pemuda maupun Karangtaruna. Sehingga setiap mengadakan event tidak perlu lagi menggantungkan dana sumbangan dari tokoh-tokoh masyarakat ataupun instansi.

"Mari kita bangun wilayah masing-masing dengan kreasi potensi lokal dengan semangat gotong royong dalam bingkai nasionalisme," katanya.

Ketua Karangtaruna Argamulya Dusun Brajan, Desa Banjararum, Kalibawang, Parjono, menyambut baik penyelenggaraan "touring mancing" GMK di wilayahnya.

Menurutnya, adanya kegiatan itu akan mendorong pengembangan pemancingan di embung yang sudah dirintis sebagai pemberdayaan pemuda dan remaja setempat.

"Sehingga ini bisa menjadi sumber pendapatan bagi pemuda di sini agar bisa mandiri,"kata Parjono.


(KR-STR)