"Tapal Batas UI" edukasi pelajar perbatasan RI-Timor Leste

id BEM UI, Tapal Batas,Timor Leste

"Tapal Batas UI" edukasi pelajar perbatasan RI-Timor Leste

Siswa SD Inpres Motaain, Desa Silawan, Kabupaten Belu, Provinsi NTT berpose bersama BEM UI dan tenaga pengajar, di wilayah perbatasan Republik Indonesia dengan Timor Leste, Senin (14/8/2023). (FOTO ANTARA/HO-BEM UI).

Jakarta (ANTARA) - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) memulai Program Tapal Batas UI di perbatasan Republik Indonesia (RI) dan Timor Leste dengan fokus kegiatan pengajaran kepada siswa sekolah dasar (SD).

"Program ini merupakan bentuk komitmen BEM UI dalam menunaikan salah satu janji kemerdekaan, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Wakil Kepala Departemen Sosial Masyarakat BEM UI 2023 Difa Alya Husna dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Kegiatan itu dilaksanakan Departemen Sosial Masyarakat BEM UI yang bergulir pada 11 hingga 20 Agustus 2023 di SD Inpres Motaain, Desa Silawan, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang merupakan wilayah RI yang berbatasan dengan Timor Leste.

Ia mengatakan, Tapal Batas UI didukung oleh pendanaan hibah Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat serta Direktorat Kemahasiswaan UI.

Tim yang diberangkatkan terdiri atas 17 mahasiswa dan tiga dosen pembimbing.

“Janji kemerdekaan merupakan mimpi yang secara kolektif harus dicapai dan diusahakan oleh segenap putra-putri bangsa. Pelunasan janji tersebut tak hanya menjadi pekerjaan rumah pemerintah semata, melainkan segenap insan yang di dalam tubuhnya mengalir darah Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan, program Tapal Batas UI merupakan manifestasi dari keinginan BEM UI untuk memperjuangkan pemerataan pendidikan hingga daerah terdepan Indonesia.

“Tahun 2023 ini, kami memilih SD Inpres Motaain, sebuah sekolah di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur yang hanya berjarak kurang lebih 2 km dari perbatasan Indonesia dengan Timor Leste," katanya.

Melalui program ini, BEM UI harap dapat meningkatkan semangat kebangsaan siswa SD Inpres Motaain.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mengajar SD, BEM UI gelar program pengajaran di perbatasan Timor Leste