Sleman mencegah stunting melalui deteksi dini dan pemenuhan gizi

id Stunting Sleman ,Bupati Sleman ,Kapanewon Sleman ,Dusun Sadar Stunting ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Sleman mencegah stunting melalui deteksi dini dan pemenuhan gizi

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat memberikan arahan pada penandatanganan Komitmen Dusun Sadar Stunting Kapanewon Sleman, Selasa (27/6/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa pemerintah daerah setempat terus melakukan langkah preventif dalam mengurangi prevalensi stunting melalui deteksi dini dan pemenuhan gizi balita mulai tingkat RT.

"Diharapkan melalui deteksi dini dan langkah-langkah preventif seperti pemenuhan gizi dan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak nantinya dapat mencegah dan menurunkan prevalensi stunting di Sleman," kata Kustini pada penandatanganan Komitmen Dusun Sadar Stunting Kapanewon Sleman, Selasa.



Menurut dia, kolaborasi antar-pemangku kepentingan sangat penting. Edukasi, sosialisasi dan pendampingan kepada masyarakat perlu ditingkatkan, terlebih lagi bagi masyarakat Sleman yang kurang mampu.

"Apabila stunting dapat dicegah, anak-anak sehat, pendidikan baik dan di kemudian hari menjadi generasi yang produktif, sehingga mengangkat perekonomian Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan dengan upaya bersama salah satunya komitmen dusun sadar stunting ini dapat mewujudkan Kapanewon (Kecamatan) Sleman dan Kabupaten Sleman menuju era zero new stunting.

Kepala Puskesmas Sleman dr Della Oktaviana mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi stunting, seperti lingkungan, genetik, dan sebagian bezar disebabkan kekurangan gizi.



Menurut dia, selama ini Puskesmas Sleman melakukan beberapa upaya pencegahan stunting, di antaranya melalui pemantauan gizi pada balita, pemberian ASI eksklusif, pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri, pemberian imunisasi, penerapan sanitasi total berbasis masyarakat dan pemantauan perilaku merokok pada keluarga.

"Komitmen Dusun Sadar Stunting adalah program unggulan Puskesmas Sleman sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat tentang manfaat dari sebuah generasi yang sehat," katanya.

Acara penandatanganan Komitmen Dusun Sadar Stunting dihadiri 500 peserta dari seluruh padukuhan di lima kalurahan se-Kapanewon Sleman, yakni Tridadi, Triharjo, Trimulyo, Caturharjo, dan Pandowoharjo.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024