"Genosida" Israel di Jalur Gaza dikecam Amerika Latin

id amerika latin,celac,konflik israel-palestina,gencatan senjata,negara karibia

"Genosida" Israel di Jalur Gaza dikecam Amerika Latin

Kakak dan adik Al Braim mencari kertas dan karton di bawah reruntuhan untuk digunakan sebagai bahan bakar di Rafah, Jalur Gaza. ANTARA/Anadolu/Abed Zagout/am.

Bogota (ANTARA) - Sejumlah pemimpin negara-negara Amerika Latin pada Jumat (1/3) serentak mengecam agresi militer Israel di Jalur Gaza dalam Konferensi Tingkat Tinggi Komunitas Negara Amerika Latin dan Karibia (Celac) ke-8 yang digelar di Saint Vincent dan Grenadines. 

Presiden Kolombia Gustavo Petro menuduh Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Inggris "mendukung" tindakan Israel mengebom rakyat Palestina.

"Jerman mendukung genosida, sementara Prancis, Uni Eropa, dan Inggris, serta khususnya Amerika Serikat dalam versi demokratisnya mendukung tindakan menjatuhkan bom pada rakyat," ucap Petro.

Sementara itu, Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva mengusulkan Celac menerbitkan resolusi untuk mendesak pengakhiran segera genosida di Jalur Gaza.

"Tragedi kemanusiaan di Gaza menuntut kita untuk menghentikan hukuman kolektif yang ditimpakan Israel kepada rakyat Palestina," ucap Lula menjelang sidang paripurna KTT yang turut dihadiri Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres tersebut.

Presiden Brazil menjadi salah satu pemimpin dunia yang paling keras mengkritik agresi militer Israel ke Jalur Gaza, yang terjadi sejak 7 Oktober tahun lalu.

"Sudah lebih dari 30 ribu orang tewas, sementara nyawa ribuan wanita dan anak-anak yang tidak bersalah saat ini terancam," kata dia.

Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemimpin Amerika Latin serentak kecam "genosida" Israel di Jalur Gaza