Bulog sosialisasikan kualitas raskin dengan uji tanak

id raskin

Bulog sosialisasikan kualitas raskin dengan uji tanak

ilustrasi beras raskin (( antaranews.com))

Sleman (Antara Jogja) - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Divisi Regional Daerah Istimewa Yogyakarta menyosialisasikan kualitas beras untuk kelurga miskin kepada masyarakat Desa Tridadi, Kabupaten Sleman, dengan melakukan uji tanak sampel dari beras yang akan didistribusikan.

Uji tanak di Balai Desa Tridadi, Kabupaten Sleman, Rabu, dilakukan dengan memasak beras raskin yang akan didistribusikan di wilayah setempat.

"Sosialisasi ini untuk menepis isu yang berkembang bahwa beras raskin mengandung plastik dan berkualitas tidak baik," kata Kepala Bulog Divre Yogyakarta Langgeng Wisnu Adi Nugroho.

Menurut dia, selama ini raskin yang didistribusikan untuk masyarakat merupakan beras dengan kualitas baik yang diproduksi pada 2015.

"Beras ini hasil produksi dari UD Suryantoro Kabupaten Kulon Progo pada 2015 yang telah melalui pengawasan dan uji sampel ketat," katanya.

Ia mengatakan Bulog dalam pengadaan beras raskin menggandeng sejumlah rekanan dengan sebelumnya diseleksi secara ketat.

"Rekanan pengadaan beras harus memebuhi stardar, seperti memiliki penggilingan sendiri, memiliki lantai jemur, dan pengemasan yang baik," katanya.

Langgeng mengatakan setelah raskin didistribusikan kepada masyarakat dan ditemukan beras berkualitas buruk atau bahkan mengandung plastik dapat segera melapor ke kepala dusun atau desa setempat serta boleh langsung melapor ke Bulog.

"Kami akan langsung tindak lanjuti setiap laporan kuallitas raskin, dalam waktu 1 X 24 jam beras langsung kami tukar dengan yang bagus," katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Sleman Untoto Budiharjo yang turut meyaksikan langsung uji tanak raskin tersebut mengatakan raskin yang akan didistribusikan kualitas baik.

"Raskin kualitasnya baik, tidak seperti yang selama ini dikeluhkan. Ini merupakan kegiatan positif, masyarakat bisa tahu kualitas raskin yang sebenarnya. Selain itu masyarakat bisa memberikan masukan untuk perbaikan pelayan lebih baik lagi," katanya.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024