Program revitalisasi bahasa daerah di sejumlah provinsi ditambah

id Festival Tunas Bahasa Ibu, FTBI,bahasa daerah, Badan bahasa

Program revitalisasi bahasa daerah di sejumlah provinsi ditambah

Penyelenggaraan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2022. (ANTARA/HO-Balai Bahasa Jateng)

Semarang (ANTARA) -
Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bakal menambah jumlah provinsi yang menjadi sasaran Program Revitalisasi Bahasa Daerah pada tahun 2023.

Melalui keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Semarang, Senin, Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Hafidz Muksin mengaku bahwa pihaknya berencana menambah jumlah provinsi sasaran Program Revitalisasi Bahasa Daerah, yakni dari 13 provinsi menjadi 19 provinsi.

Pihaknya mendorong pemerintah daerah agar mengambil tanggung jawab dalam pelindungan bahasa dan sastra daerah.

"Saat ini dilakukan revitalisasi terhadap 39 bahasa daerah di 13 provinsi di Indonesia, sehingga hal ini membuktikan pemerintah hadir bersama pemerintah daerah dan masyarakat serta komunitas bahasa dan sastra guna melestarikan bahasa daerah," katanya.
 

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Ganjar Harimansyah menyatakan bahwa semua peserta yang datang pada Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) kali ini adalah pemenang, karena tidak semua anak dapat mengikuti kegiatan ini.

"Anak-anak tingkat SD dan SMP yang ikut berlomba dalam festival tersebut merupakan pilihan dari daerah masing-masing," ujarnya.

Oleh karena itu, Ganjar menyampaikan apresiasi atas partisipasi, kerja sama, dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Jateng yang telah menyukseskan kegiatan Revitalisasi Bahasa Jawa.

Ia berharap kerja sama dan gotong royong antar-pemangku kepentingan dapat terus berjalan dengan baik agar tujuan revitalisasi bahasa daerah ini dapat terwujud.

"Kami sangat terkesan dengan dukungan anak-anak SD dan SMP, pihak sekolah, orang tua, dan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga di Jateng yang sangat antusias mengikuti FTBI yang merupakan perayaan insan-insan pelestari Bahasa Jawa, mari persiapkan kembali FTBI tahun depan," katanya.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Badan Bahasa tambah provinsi sasaran revitalisasi bahasa daerah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024