ASN Timor Leste diundang magang di Indonesia

id Timor Leste,ASEAN 2023,ASN Timor Leste magang

ASN Timor Leste diundang magang di Indonesia

Indonesia & Timor Leste (FOTO. ANTARA/Ilustrasi)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia mengundang 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) Timor Leste untuk mengikuti program magang sebagai bagian dari capaian prioritas hasil atau deliverable keketuaan Indonesia dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada tahun ini.

Ke-30 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Timor Leste itu akan melaksanakan magang selama enam bulan pada Juni hingga November di kementerian/lembaga nasional pengampu badan sektoral ASEAN, demikian keterangan Kemlu RI dikutip pada Minggu.

Program tersebut bertujuan meningkatkan pemahaman ASN Timor Leste mengenai mekanisme, tata kerja, proses pengambilan keputusan, dan struktur organisasi ASEAN melalui keterlibatan langsung dalam berbagai kegiatan dan pertemuan yang diselenggarakan Indonesia selaku Ketua ASEAN 2023.

Peserta magang merupakan ASN Timor Leste yang telah lolos proses seleksi dan berasal dari berbagai kementerian/lembaga pada bidang politik keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Pada awal program, para peserta menjalani serangkaian kegiatan orientasi dan sosialisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Keria Sama ASEAN dan Direktorat Jenderal Asia-Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri.

Rangkaian program orientasi dan sosialisasi mencakup pertemuan dan mendengarkan langsung paparan dari para pejabat di kedua Direktorat Jenderal itu.

Para peserta magang ASN Timor Leste juga berkesempatan melakukan kunjungan kehormatan (courtesy call) kepada Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Sidharto Suryodipuro.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RI undang ASN Timor Leste magang di Indonesia untuk keanggotaan ASEAN

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024