KPU Bantul baru terima logistik pemilu sebanyak 12.664 bilik suara

id Logistik Pemilu ,KPU Bantul ,Pemilu 2024,Bilik suara Pemilu

KPU Bantul baru terima logistik pemilu sebanyak 12.664 bilik suara

Pendistribusian logistik Pemilu berupa bilik suara di gudang logistik KPU Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/HO-KPU Bantul)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, baru menerima kiriman logistik untuk Pemilu 2024 berupa bilik suara sebanyak 12.664 buah.

"Logistik yang sudah diterima baru satu jenis, yaitu bilik suara, diterima pada 24 Oktober sejumlah 12.664 buah atau empat kali jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 3.166 TPS," kata Kepala Sub-Bagian Keuangan, Umum dan Logistik KPU Bantul Rahmat Purwono di Bantul, Jumat.

Menurut dia, bilik suara yang masih dalam bentuk lembaran dan belum dirangkai tersebut saat ini tersimpan di gudang logistik yang disediakan KPU Bantul di Jalan Parangtritis KM 10 wilayah Gabusan, Kecamatan Sewon.

Dengan diterimanya bilik suara tersebut, lembaga penyelenggara pemilu ini masih menunggu distribusi logistik lainnya berupa kotak suara, tinta dan surat suara untuk keperluan semua TPS di seluruh 75 kelurahan se-Bantul.

"Tinggal logistik berupa kotak suara dan tinta yang rencananya awal November nanti. Akan tetapi, belum tahu kapan pastinya, namun perkiraan awal November," katanya.

Dia mengatakan untuk kotak suara nantinya sesuai ketentuan akan diterima KPU Bantul sebanyak lima kali jumlah TPS di Bantul atau sekitar 15 ribuan kotak suara.

"Kemudian untuk tinta per TPS mendapat dua tinta, sehingga jumlahnya sebanyak enam ribuan. Yang jelas, nanti ada berita acara tertulisnya, kurang lebih sebanyak itu," katanya.

Dia mengatakan seluruh logistik Pemilu 2024 tersebut nantinya akan disimpan pada dua gudang logistik yang lokasinya berdekatan di wilayah Gabusan hingga beberapa hari jelang pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

"Gudangnya ada dua, tetapi dalam satu tempat. Jadi mepet, tempatnya berdekatan di Jalan Parangtritis. Untuk sementara ini kita siapkan dua gudang, mudah mudahan kapasitasnya muat," katanya.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024