Kowani gelar vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat

id vaksinasi

Kowani gelar vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat

Pelaksanaan "Vaksinasi Merdeka Kowani-Vaksin Wisata" yang digelar YHI Kowani (ANTARA/HO-Kowani)

Yogyakarta (ANTARA) - Yayasan Hari Ibu (YHI) Kowani menggelar vaksinasi COVID-19 bertajuk "Vaksinasi Merdeka Kowani-Vaksin Wisata" untuk masyarakat guna mendukung program pemerintah menyukseskan vaksinasi.

"Kegiatan tersebut digelar selama tiga hari mulai 30 Agustus hingga 1 September 2021," kata Ketua YHI-Kowani Prof Wiendu Nuryanti M.Arch, PhD di sela pelaksanaan vaksinasi di Kompleks Mandala Bhakti Wanitama Yogyakarta, Rabu.

Menurut Wiendu, kegiatan vaksinasi itu diikuti warga mulai dari pedagang kaki lima, penjual angkringan, pelaku wisata, kusir andong, dan penarik becak. YHI Kowani menyediakan sebanyak 3.000 dosis vaksin.

"Vaksinasi penting dilakukan secara konsisten dan cepat untuk segera membentuk 'herd immunity' yang semakin luas dan kuat bagi masyarakat di Yogyakarta, khususnya masyarakat pariwisata," katanya.

Dengan demikian, kata Wiendu, kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif yang merupakan pilar penting perekonomian Yogyakarta secara keseluruhan akan segera bangkit kembali.

Ia mengatakan kegiatan pelayanan vaksin secara keseluruhan berjalan lancar, aman, dan nyaman. Dengan harapan akan semakin banyak warga Yogyakarta yang tervaksinasi, sehingga level PPKM Yogyakarta khususnya dapat segera turun hingga level bawah.

''Kami berharap kondisi ini bisa kembali normal, agar dunia pariwisata bisa kembali menggeliat,'' ujar Wiendu.

Selain menggelar vaksinasi, YHI Kowani juga membuka layanan isolasi mandiri (isoman) di Villa Arimbi Kompleks Mandala Bhakti Wanitama Yogyakarta.

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja bareng Dinas Pariwisata DIY, Yayasan Seri Derma, Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan DIY, GIPI, Dana Keistimewaan DIY, Ikatan Bidan Indonesia, Stuppa Indonesia, BPJS Kesehatan, FPPI DIY, Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram, Enesis Group, dan Bank BPD DIY.

Ketua Umum Kowani Dr Ir Giwo Rubiyanto Wiyoga dan Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mendukung upaya yang berkelanjutan dari pelaksanaan kegiatan vaksinasi tersebut.

Dengan harapan bisa menjangkau sasaran penerima yang lebih banyak lagi untuk mempercepat pemulihan perekonomian Yogyakarta pada khususnya dan nasional pada umumnya.