Pemkab Bantul tingkatkan kreativitas anak melalui lomba melukis tingkat TK-SD

id Lomba lukis anak,Tingkatkan kreativitas anak ,Kabupaten Layak Anak

Pemkab Bantul tingkatkan kreativitas anak melalui lomba melukis tingkat TK-SD

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo saat menghadiri Lomba mewarnai dan melukis bagi anak PAUD dan SD di Goa Selarong, Kabupaten Bantul, DIY, Minggu (2/10/2022) (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan lomba mewarnai tingkat siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) dan melukis untuk siswa sekolah dasar guna mendorong peningkatan kreativitas seni anak tersebut.

"Hari ini kreativitas kemudian improvisasi sekaligus ide cemerlang gagasan dari anak anak kita ini diberikan ruang oleh Dinas Pariwisata didampingi Dinas Pemberdayaan Anak dan Perempuan Bantul, di dalam kegiatan lomba ini," kata Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo usai membuka lomba tersebut di Goa Selarong, Bantul, Minggu.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut juga merupakan upaya pemerintah kabupaten yang 'concern' sekali bagaimana untuk merangkul orang tua/wali di Bantul dalam memberdayakan dan kemudian mendidik, mendampingi, mengedukasi anak-anak.

"Supaya anak-anak kita ke depan betul-betul bisa menentukan arah tujuan cita-citanya dengan baik, ini selaras dengan harapan kita untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak yang itu menjadi visi misi Bupati di dalam pemerintahan Kabupaten Bantul," katanya.

Dia juga mengatakan, dilaksanakan di Goa Selarong  karena pemkab ingin membuka destinasi wisata alam Goa Selarong wilayah Kecamatan Pajangan itu menjadi destinasi yang ramah anak, dan bisa menjadi tempat bermain anak-anak di Bantul.

"Apresiasi dan terima kasih kepada semua wali murid, orang tua yang telah mengantar anak-anak mereka, hari ini lebih dari 400 anak berkumpul di Goa Selarong mengikuti ajang lomba kreasi mewarnai dan melukis, ini luar biasa, dan semoga sukses untuk Bantul," katanya.

Sementara itu, Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul yang juga panitia lomba kreativitas seni 2022, Markus Purnomo Aji mengatakan, bahwa predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) merupakan idaman bagi setiap wilayah di Indonesia.

Menurut dia, KLA merupakan kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dunia usaha, yang terencana dan berkelanjutan dalam kebijakan, program, kegiatan guna menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

"Dengan lomba kreativitas ini diharapkan dapat memberi wadah dan kesempatan pada pengembangan minat dan bakat, penuangan ide, inovasi di bidang seni khususnya melukis dan mewarnai untuk anak-anak TK dan SD," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024