Dokter Rubini layak jadi pahlawan nasional

id KOWANI, dr Rubini, pahlawan nasional

Dokter Rubini layak jadi pahlawan nasional

Usulan Kowani agar dr Rubini dapat menjadi pahlawan nasional. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Jakarta (ANTARA) - Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dan sejumlah tokoh di antaranya Wakil Presiden RI keenam Tri Sutrisno dan Wakil Presiden kesembilan Hamzah Haz menilai dokter Rubini layak menjadi pahlawan nasional.

Hal itu disampaikan dalam surat yang ditandatangani Ketua Umum Kowani Dr Ir Giwo Rubianto Wiyogo MPd dan Titien Pamudji SIP serta masing-masing Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Kongres Wanita Indonesia.
 
"Tahun ini Kowani mendukung pencalonan dr. Rubini sebagai Pahlawan Nasional dengan pertimbangan beliau dari Kalimantan Barat pada masa perang dunia kedua antara tahun 1941 - 1945," ujar Giwo di Jakarta, Kamis.
 
Dalam surat itu dijelaskan bahwa dr Rubini semasa hidupnya ikut berjuang melindungi perempuan dan anak serta memperjuangkan kemerdekaan sampai akhir hayat.
 
Dalam surat tersebut Pemprov Kalbar, Masyarakat Sejahrawan Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia Pusat dan Ikatan Dokter Indonesia Kalbar, dan IPSM juga turut mendukung.
 
Dalam surat tertanggal 31 Oktober 2022 yang dikirim ke Presiden RI Joko Widodo, Kowani yang mewadahi 102 organisasi anggota terdiri dari 90 juta perempuan mengajukan permohonan agar dr Rubini dapat disetujui menjadi Pahlawan Nasional.
 
Lebih lanjut dikatakan, dr Rubini adalah seorang pejuang di bidang kesehatan jiwa, kesehatan umum serta sosial kemasyarakatan yang sangat prihatin akan banyaknya korban kasus kekerasan dan kejahatan seksual terhadap perempuan anak.
 
Giwo menjelaskan dr Rubini telah mengajak segenap tokoh masyarakat di wilayah Kalimantan Barat untuk bersatu padu melawan penjajah guna mencapai Kemerdekaan Indonesia.
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter Rubini dinilai layak menjadi pahlawan nasional