Produksi cengkih di Kulon Progo turun

id produksi cengkih kulon progo

Produksi cengkih di Kulon Progo turun

Petani cengkig Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, menjemur cengkih hasil panen. (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo  (Antara Jogja) - Dinas Pertanian dan Kehutanan di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan produksi cengkih mengalami penurunan dari 1.039,73 ton menjadi 19,97 ton pada semester pertama 2013.

Kasi Produksi dan Perlindungan Dispertan Kulon Progo, Haryatno di Kulon Progo, Senin, mengatakan penurunan produksi karena pada 2012 baru saja panen raya cengkih lima tahunan.

"Hasil panen cengkih rata-rata per tahun, diluar panen raya sebanyak 350 ton. Tetapi semester pertama pada Januari hingga Juni baru baru mencapai 19,97 ton, tapi kami optimistis produksi cengkih akan meningkat pada September hingga November 2013," ucap Haryatno.

Ia mengatakan kecamatan penghasil cengkih yakni Samigaluh, Girimulyo, Kokap, sebagian Pengasih dan sebagian Kalibawang.

Untuk saat ini, luasan lahan cengkih di Kulon Progo seluas 2928 hektare yang tersebar di lima kecematan tersebut.

Dia mengatakan Dispertan melakukan kegiatan intensifikasi tanaman cengkih pada 2012 seluas 340 hektare dengan bantuan bibit dan pupuk dari dana anggaran pendapatan dan belanja (APBD) kabupaten dan provinsi.

"Tapi pada 2013 tidak ada fasilitasi dari pemerintah. Meski demikian, kami berharap petani dapat menyisihkan keuntungan menjual cengkih untuk intensifikasi tanaman, supaya hasil produksi semakin meningkat," tuturnya.

Dia menuturkan harga cengkih ditingkat petani dan kelompok sangat fluktuatif. Harga cengkih basah berkisar Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per kg, sedangkan cengkih kering berkisar Rp125 ribu hingga Rp135 ribu per kg.

"Kami mengimbau kepada petani dan kelompok untuk jual cengkih supaya petani mendapat keuntungan. Cengkih yang dijual langsung setelah panen, harganya rendah," ujarnya.

Ia mengatakan Kabupaten Kulon Progo merupakan penghasil cengkih terbesar di DIY.

"Kami akan terus mengupayakan produksi cengkih terus meningkat dan mempertahankan Kulon Progo sebagai penghasil cengkih terbesar di DIY," katanya.
(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024